Langkah Dalam Membuat Batik Tulis

Berikut ini akan saya jelaskan langkah-langkah dalam membuat batik tulis secara singkat.

1.      Diloyor
Yaitu merendam kain mori dalam air yang bertujuan untuk menghilangkan kanji.
2.      Dikemplong
Yaitu memukul-mukul kain mori menggunakan martil atau pemukul dari kayu yang bertujuan agar kain menjadi lemas dan cairan malam mudah meresap.
3.      Dipola
Yaitu memberikan pola dasar menggunakan pensil pada permukaan kain.
4.      Diklowong
Yaitu membuat motif batik menggunakan canting (reng-rengan) menurut pola yang sudah dibuat sebelumnya.
5.      Diiseni
Yaitu memberikan isen-isen pada motif batik menggunakan canting isen-isen yang bertujuan agar motif batik terlihat lebih indah dan hidup.
6.      Diterusi
Yaitu membatik pada sisi kain yang sebaliknya agar pada saat pewarnaan, pewarna tidak masuk ke dalam motif (yang telah dibuat dengan malam), sehingga motif yang dibuat nantinya akan terlihat jelas.
7.      Pewarnaan
Yaitu memberikan warna pada batik, baik menggunakan cara konvensional (tradisional, bahan alami) maupun modern (naptol, indigosol, dll).
8.      Dilorod
Yaitu menghilangkan malam malam pada kain mori dengan cara direndam dalam air panas (mendidih) selama beberapa saaat sampai malam yang menempel terlepas (bisa juga dibantu dengan memutar-mutar kain dalam wadah air tersebut secara pelan, seperti dengan kayu atau stik sehingga malam akan cepat lepas). Kemudian kain dijemur dengan cara diangin-anginkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Melodor malam juga bisa dilakukan dengan cara dikerok menggunakan logam (bisa seperti uang logam) yang telah dipanaskan sebelumnya.

Mungkin begitulah cara singkat dalam membuat batik tulis. Langkah di atas saya tulis secara general, tidak mendetail. Sebenarnya jika dijabarkan lebih detail penjelasannya bisa sangat panjang lebar. Untuk memudahkan dalam memahaminya saya meringkasnya dengan tahap-tahap di atas.
Untuk penjelasan lebih detailnya bisa ditanyakan kepada para pembatik secara langsung atau orang yang cinta akan budaya Jawa dan mempelajarinya.
Maaf kalau dalam penulisan langkah di atas terdapat banyak kesalahan atau kekuranganannya, itu semata-mata dari hasil belajar saya waktu di jenjang SMP yang saya (khusus langkah batik tulis, belum yang lainnya seperti batik jumputan, colet, dll) rangkum menjadi seperti di atas.
Semoga bermanfaat.. J

Popular Post

Cara Mudah Mengganti Ukuran File PDF

Cara Mudah Mengubah File PDF Menjadi Gambar

Cara Upload Video Google Drive ke Channel Youtube